dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

Hyundai Staria Kapan Masuk Indonesia?

MAH Channel- Hyundai Motor Thailand resmi merilis Staria pada Jumat (9/7/2021). Hyundai Staria pertama kali debut di Asia Tenggara dengan dua varian dan satu pilihan mesin, sementara harganya lebih murah dari Honda Oddyssey dan Toyota Alphard.

Peluncuran MPV baru Hyundai Staria sudah dilakukan di Thailand pada 9 Juli lalu, ini pertama kalinya MPV dengan desain mirip pesawat luar angkasa itu menjalani debut resmi di Asia Tenggara.

Mengutip laman Hyundai Motor Thailand mobil ini tersedia dalam pilihan konfigurasi 11 kursi. Menawarkan kelapangan dengan dimensi panjang 5.253 mm x lebar 1.997 mm x tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 3.273 mm. Dimensinya lebih besar dari Hyundai Starex.

Sementara mesinnya, Hyundai Staria yang dipasarkan di Thailand dicangkok mesin diesel berkapasitas 2.199 cc 4-silinder segaris turbocharger dan intercooler. Di atas kertas Hyundai Staria bisa memuntahkan tenaga 175 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 431 Nm di 1.500 hingga 2.500 rpm. Tenaga itu bisa tercapai dengan perkawinan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dari segi eskterior, MPV Hyundai Staria mengusung bentuk mengotak dengan fascia depan berteknologi lampu LED standar dan sistem Daytime Running Light (DRL). Mobil ini ditawarkan dalam pilihan warna Shimmering Silver, Graphic Grey Metallic, dan Abyss Black. Varian tertinggi Staria mendapatkan pelek 18 inci, sementara untuk tipe terendah S dibekali pelek 17 inci.

Kabin Hyundai Staria Thailand menawarkan pilihan nuansa warna hitam monoton atau warna hitam campuran krem. Bagian depan mobil ini dilengkapi instrumen digital 4,2 atau 10,25 inci.

Sementara untuk sistem infotainment, ada panel layar sentuh 8 inci yang bisa menjalankan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel. Konektivitas di kabin Staria meliputi stop kontak 12V, 7 port USB, 1 port USB, dan charger nirkabel.

11 kursi di Hyundai Staria diatur dalam formasi 3-3-2-3. Menariknya kursi baris kedua dapat dilipat untuk memberikan sandaran tangan dengan cup holder terintegrasi untuk pengemudi dan penumpang.

Fitur safety standar mobil ini melipuit 6 airbags dan jok ISOFIX. Sementara pada level tertinggi, terdapat pilihan fitur Hyundai's SmartSense suite of Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Adapun fitur ADAS terdiri dari Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Forward Collision Avoidance Assist Junction Tuning Function (FCA-JT), Driver Attention Warning (DAW), Safe Exit Assist (SEA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), dan Rear Occupant Alert (ROA).

Selain fitur-fitur tersebut, Hyundai juga menawarkan tambahan fitur lainnya seperti Blind Spot Monitor with Rear Cross-Traffic Assist (BSM, RCTA), juga kamera 360 derajat

Well, apakah Indonesia bakal menggunakan mesin yang sama? mengingat NJKB Hyundai Staria sudah muncul di Samsat DKI Jakarta. Tertera Staria 2.2 2WD 8 AT dengan NJKB Rp 450 juta.

Negara Asia Tenggara yang selanjutnya bakal menjadi tempat pelabuhan Hyundai Staria ialah Vietnam, Malaysia, dan kemudian Indonesia. Rencananya mobil penerus Starex ini dijadwalkan mendarat antara Juli hingga September.

"Hyundai juga berencana untuk mengenalkan Staria minivan di Vietnam, Malaysia dan Indonesia pada kuartal ketiga," ujar juru bicara Hyundai seperti dikutip Yonhap, Selasa (6/7/2021).

GM Marketing Department Hyundai Motors Indonesia, Astrid A. Wijana mengatakan semua informasi produk terbaru Hyundai sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Pilihan produk dari Hyundai ini tentunya sesuai dengan kebutuhan dari para pelanggan kami di Indonesia. Info di web juga secara berkala diupdate. Jadi semua info inovasi Hyundai ke depannya baik dari sisi produk dan juga layanan pelanggan bisa diakses langsung ke website," kata Astrid saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

Hyundai Staria yang meluncur di pasar Thailand tersedia dalam dua varian, yakni Staria S dijual 1.729.000 Baht atau sekitar Rp 770 juta dan Staria SEL dijual 1.999.000 Baht setara Rp 890 juta.

Angka ini lebih murah dari Toyota Alphard yang dijual mulai 3.889.000 baht atau sekitar Rp 1,7 miliar di Thailand. Dengan harga Hyundai Staria Rp 770 juta di Thailand juga membuatnya lebih murah dibandingkan Toyota Alphard di Indonesia, yang saat ini dijual mulai Rp1.065.450.000 dan Honda Oddyssey Rp 888 juta.
sumber : oto.detik.com

Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment

close