dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

Tahukah Kalian? Asal-usul Nama Makanan Populer di Dunia


MAH Channel - Buat kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu makanan junk food andalan layaknya french fries hingga pasta. Tapi, pernahkah kalian berpikir, kalau ternyata ragam makanan terkenal itu punya sejarah menarik dibalik namanya yang sudah mendunia. Berikut beberapa sejarah nama makanan berdasarkan asal - usulnya : 


1. Sandwich



Sandwich pertama kali dikenalkan oleh seorang bangsawan yakni John Montagu. Tepatnya di abad ke-18, saat itu menu earl of sandwich banyak disukai, lantaran irisan daging yang nikmat sangat pas dipadukan di antara dua potong roti.

Karena itulah, menu yang kini mendunia itu jadi salah satu warisan kebudayaan keluarga Montagu. Bahkan, Orlando Montagu, anak dari John, mendirikan restoran sandwich pada 1762. Menu original mereka berupa sandwich dengan isian daging sapi panggang, ditambah keju cheddar dan saus lobak, kemudian disajikan di antara roti hangat.


2. French fries



Meski banyak orang beranggapan jika kentang goreng atau french fries berasal dari Amerika dan Prancis. Nyatanya, kedua negara tersebut bukanlah asal mula dari kudapan gurih ini. Menurut National Geographic, makanan tersebut merupakan hidangan asli Belgia. Menu ini dipopulerkan oleh para nelayan, di mana mereka kerap menggoreng kentang bila persediaan ikan sudah habis.

Lalu berlanjut pada masa perang dunia I, tentara Amerika saat itu bertemu dengan pasukan Belgia. Mereka kemudian memperkenalkan kentang goreng. Ditambah, pasukan Belgia fasih berbahasa Prancis, maka tentara Amerika berasumsi kalau french fries adalah makanan khas asal negara beribu kota Paris itu.


3. Caesar salad



Tahun 1924, di Meksiko berdiri sebuah restoran di daerah Tijuana. Bertemakan hidangan Italia-Amerika, pemiliknya yakni Caesar Andini mencetuskan menu orisinalnya yakni caesar salad. 


Menurut sang putri, menu tersebut ditemukan saat Cardini mengunjungi dapur restoran dan melihat bahwa bahan masakan sudah menipis. Terlintaslah ide mencampur seluruh sayuran segar supaya bisa dijadikan salad.

Bermodalkan salada romaine, telur, minyak zaitun, crouton atau roti kering, dan saus worcestershire. Caesar mengolah dan mencampur bahan tersebut hingga menjadi makanan sehat nan lezat yang kini mendunia.


4. Fettuccine alfredo



Siapa yang tidak asing dengan pasta alfredo? Mungkin banyak dari kita yang langsung mengingat fettuccine alfredo. Konon, hidangan mentega bercampur pasta dan parmesan ini, dibuat untuk mengembalikan kekuatan pada seorang istri pemilik restoran terkenal di Italia; yakni Di Lelio.

Sekarang, fettuccine alfredo dapat mudah kita temukan di kafe maupun restoran berbintang. Di beberapa bagian negara, pasta itu disebut fettuccine al burro. Sedangkan, orang Italia sendiri mengubah nama makanan itu menjadi fettuccine burro e parmigiano.


5. Nachos



Tak jauh berbeda dengan kisah caesar salad, ternyata nachos sendiri hadir karena kreativitas pemilik restoran Piedras Negras, Meksiko. Awalnya, sekelompok istri militer berbondong-bondong datang ke tempat makan itu, karena hampir semua restoran maupun kedai tutup.

Ignacio Nacho Anaya, sang pemilik pun merasa iba pada mereka. Ia lantas membuat hidangan spesial dari aneka bahan yang dimiliki di dapurnya. Ketika sepiring nachos disajikan, rupanya para istri sangat menikmati kreasi unik itu. Akhirnya, nachos pun masuk sebagai menu utama di restoran tersebut.


6. Kung pao chicken



Di balik kelezatan ayam kung pao, tak disangka kalau ada sejarah yang cukup kelam. Hidangan asli Sichuan, Tiongkok itu sangat populer di Amerika sampai Inggris. Ayam potong dadu dibalut saus manis pedas membuat siapa pun akan menyukai rasa autentiknya.

Meski begitu, di Tiongkok sendiri hidangan ayam kung pao dianggap kuliner yang sudah diasingkan. Sebenarnya, sebelum berubah nama jadi kung pao, menu ini diberi nama gong bao ji ding artinya seorang gubernur. Disebut-sebut gubernur Dinasti Qing merupakan penggemar ayam kung pao. Tapi, konflik antara Amerika dan Tiongkok, membuat nama gong bao ji ding tak sudi dipakai, oleh karenanya bergantilah jadi kung pao chicken.


7. Doughnut atau donat



Kudapan manis ini tentu melegenda, hingga kini pun donat masih menjadi pilihan camilan kala santai. 

Menurut majalah Smithsonian, tahun 1800-an di New York, seorang laki-laki bernama Hanson Gregory mengolah kudapan ini menjadi lebih menarik. Ia ingin lubang donat itu bisa dijadikan mainan lucu dan terlihat unik di mata pembeli.

Dari ketujuh makanan di atas, kira-kira mana yang jadi favoritmu?


Related Posts
Annisa
Just a girl who likes to scribble on paper and dreams that her work can be read by many people.

Related Posts

Post a Comment

close