dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

Daftar 7 Mobil SUV Terbaik Tahun 2022 di Indonesia

  Inilah 7 Mobil SUV Terbaik di Tahun 2022 Ini, Yuk simak!

Sumber : otosia.com
sumber : otosia.com

MAH Channel - Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi pilihan banyak konsumen di Indonesia. Dalam ulasan kali ini Carmudian bisa melihat daftar mobil SUV terbaik tahun 2022 yang ditentukan berdasarkan performa penjualannya.

Di Indonesia sendiri mobil SUV masih dibagi lagi ke dalam beberapa kategori atau segmen. Misalnya, SUV ladder frame yang dihuni pemain-pemain lama seperti, Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

SUV semacam ini terkenal bandel dan tangguh. Hal tersebut didukung penggunaan mesin diesel dan ketersediaan sistem penggerak 4×4 pada varian-varian tertentu.

Contoh lain adalah Low SUV (LSUV) yang dihuni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, atau Suzuki XL7.

Mobil-mobil LSUV memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen karena harga cukup terjangkau. Sebab sudah bukan rahasia lagi rata-rata mobil LSUV dibangun menggunakan basis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

 Toyota Fortuner, Harga Rp530,8—694,9 Juta

Sumber : Gridoto.com

Toyota Fortuner pantas masuk ke dalam daftar mobil SUV terbaik tahun 2022 kategori SUV ladder frame mengingat performa penjualannya yang baik. Jumlah wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler mobil ini pada bulan April lalu mencapai 2.231 unit.

Adapun model yang paling banyak diminati adalah varian 4×2 2.8 GR Sport AT yang menurut situs web resmi pabrikan dijual dengan harga Rp612,3 juta.

Toyota Fortuner tentunya tidak sendiri bermain di kategori SUV ladder frame. Opsi lainnya adalah Mitsubishi Pajero Sport yang ditawarkan pada rentang harga Rp529,6—712,5 juta.

Varian paling laris dari Mitsubishi Pajero Sport adalah Dakar (4×2) AT yang ditawarkan Rp603,2 jutaan.

Toyota Rush, Harga Rp277,6—301 Juta 

sumber : sobatotomotif

Toyota juga menguasai penjualan di kategori LSUV lewat Toyota Rush yang pada April lalu mencatatkan wholesales sebanyak 3.194 unit. Varian terlaris adalah 1.5 GR Sport MT yang dijual dengan harga Rp290,3 jutaan.

Dibanding para rivalnya, Toyota Rush memiliki ciri khas penggerak rodanya yang masih menggunakan sistem Rear Wheel Drive (RWD).

Pilihan lain di kategori LSUV adalah kembaran mobil ini, Daihatsu Terios, yang secara penjualan wholesales berada di peringkat kedua. Selain itu konsumen juga dihadapkan pada Honda BR-V, Suzuki XL7, atau Mitsubishi Xpander Cross.

Dalam hal penampilan, Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross boleh dibilang lebih segar karena baru mendapatkan pembaruan dalam setahun terakhir.

Toyota Raize, Harga Rp229,8—301,9 Juta 

sumber : carmudi

 Model lain yang juga pantas masuk jajaran mobil SUV terbaik tahun 2022 adalah Toyota Raize. Pada April lalu mobil ini mencatatkan wholesales 1.851 unit yang artinya paling banyak dibandingkan mobil-mobil lain di kelas small SUV.

Varian paling laris adalah 1.0T GR Sport CVT Two Tone yang dijual seharga Rp280,2 jutaan. Untuk diketahui, mobil ini sebenarnya juga tersedia dalam pilihan mesin 1.2 alias 1.200 cc, tapi jumlah penjualannya masih kalah dibandingkan varian-varian 1.000 cc turbo.

Model lain yang juga bisa jadi pilihan untuk kategori small SUV di antaranya kembaran mobil ini, Daihatsu Rocky. Selain itu konsumen juga dapat memilih Kia Sonet atau Nissan Magnite.

Hyundai Creta, Harga Rp281,5—401 Juta 

sumber : otoklik

Walau tergolong sebagai pendatang baru, tapi Hyundai Creta sukses menjadi pilihan banyak konsumen di segmen compact SUV dengan wholesales sebanyak 1.645 pada April lalu.

Varian paling laris adalah Prime 1.5 IVT Two Tone yang artinya opsi tertinggi dari mobil ini dengan harga sekitar Rp401 juta.

Hyundai Creta pertama kali meluncur di Indonesia pada 11 November 2021 lewat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Salah satu sorotan dari mobil ini ialah keberadaan fitur Bluelink yang mampu membuat pemilik selalu terhubung dengan kendaraannya.

Pilihan lain di segmen compact SUV adalah Honda HR-V generasi anyar yang penjulannya hanya terpaut tipis dengan Hyundai Creta. Di luar itu, Suzuki S-Cross, Nissan Kicks e-Power, dan Peugeot 2008 juga bisa menjadi pilihan konsumen.

Wuling Almaz, Harga Rp278,5—401,2 Juta

sumber : cintamobil.com

Beranjak ke kategori medium SUV maka Wuling Almaz adalah mobil yang mencatatkan angka wholesales tertinggi pada April lalu, yaitu sebanyak 804 unit. Jumlah tersebut didominasi varian Almaz RS 1.5T Pro yang artinya merupakan opsi tertinggi.

Saat artikel ini dibuat, varian tersebut dijual dengan harga Rp401,2 juta melalui suatu program promosi yang sedang berlangsung. Adapun harga normal varian ini adalah Rp429,2 juta.

Opsi lain yang juga bisa dilirik konsumen adalah Honda CR-V yang angka wholesales-nya hanya kalah 4 unit dibanding Almaz pada April lalu. Di luar itu, Mazda CX-5, MG HS, atau Peugeot 3008 juga bisa dilirik konsumen yang menjadi mobil medium SUV.

Toyota Corolla Cross, Harga Rp463,5—519,2 Juta 

sumber : tempo.co

Toyota Corolla Cross menjadi model dengan angka wholesales paling tinggi di kategori compact medium SUV pada bulan April lalu. Lebih detailnya adanya sebanyak 85 unit yang dikirim dari pabrik ke diler.

Angka tersebut semuanya adalah untuk varian hybrid yang dipasarkan dengan harga Rp519,2 juta.

Selain itu, mobil ini sebenarnya juga memiliki varian bensin, tapi penjualannya nihil sejak awal tahun. Walau begitu pabrikan tetap membuka keran pemesanan kepada konsumen yang berminat.

Baik tipe hybrid maupun bensin didatangkan langsung alias Completely Built Up (CBU) dari Thailand. Pilihan lain di kategori compact medium SUV antara lain Mazda CX-30 atau wakil dari Toyota lainnya, yaitu Toyota C-HR.

Hyundai Palisade, Harga Rp795—1,045 Miliar

sumber : kompas otomotif

Terakhir untuk mobil SUV terbaik tahun 2022 terutama di segmen large SUV pantas ditujukan pada Hyundai Palisade. Angka wholesales mobil ini pada April lalu mencapai 406 unit yang artinya mengungguli para rival, misalnya Mazda CX-8 atau Mazda CX-9.

Untuk diketahui, Hyundai Palisade tersedia dalam varian 4×2 dan 4×4. Dapat ditebak bahwa varian 4×2 lebih laris mengingat harganya yang lebih terjangkau.

Demikianlah ulasan mengenai mobil SUV terbaik tahun 2022 mengacu pada angka wholesales dari laporan yang diterbitkan GAIKINDO.

Di Indonesia, mobil SUV itu sendiri dibagi lagi ke dalam sejumlah kategori dengan rentang harga yang sangat luas. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi konsumen karena memiliki pilihan yang beragam.

Mobil SUV sendiri diprediksi masih akan terus diminati dalam beberapa waktu ke depan. Kesan tangguh dan kepraktisan yang dimilikinya menjadi alasan banyak orang memilih mobil SUV.
 
Nah itulah 7 Mobil SUV Terbaik yang di tahun 2022 menurut MAH Channel ya,nantikan update seputar mobil lainya hanya di web ini hehe.
Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment