dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

Alasan, Kenapa Banyak PO Borong Bus Double Decker

Hai sobat MAH Channel pecinta otomotif, nah tau gak sih kebanyakan PO Bus di indonesia itu banyak memborong Bus dengan Jenis Double Decker? nah mimin akan menjelaskan alasan PO tersebut banyak memberli/memborong bus tersebut nih! yu simak.

 Bus double decker tengah menjadi tren di dunia transportasi Indonesia. Bahkan Perusahaan Otobus (PO) di pulau Jawa tampak berlomba-lomba merilis bus double decker dalam jumlah banyak. Padahal seperti diketahui, harga bus double decker tidaklah murah, mencapai Rp 3 miliar. Lalu mengapa banyak PO menjadikan bus double decker sebagai salah satu armada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi)?

Dijelaskan Brand & Marketing Communication Manager karoseri Laksana, Candra Dewi, bus double decker yang memiliki kapasitas besar sangat cocok dan efisien untuk melayani pasar-pasar yang gemuk.

Lanjut Dewi menjelaskan, bus double decker memiliki fleksibilitas dalam hal pengaturan kelas. Jadi dalam satu bus, bisa disematkan berbagai kelas seperti kelas eksekutif, super eksekutif, hingga kelas sleeper.

"Beberapa operator misalnya, minta ditambahkan kabin suites class di bawah atau kabin super executive. Ada beberapa yang minta, area pengemudi/crew dipisahkan dari penumpang. Jadi kemungkinannya bisa lebih luas," sambung Dewi.

"Bahkan dengan adanya Suites Class yang kami luncurkan tahun 2019 lalu banyak operator yang juga mulai menyasar kelas menengah ke atas. Bus double decker ini menurut kami merupakan salah satu strategi dari beberapa operator juga untuk semakin meningkatkan pelayanan tersebut ke masyarakat," kata Dewi lagi.

Di pulau Jawa sendiri saat ini ada beberapa PO yang mengoperasikan bus double decker, antara lain PO Putera Mulya, PO Harapan Jaya, PO Sinar Jaya, PO Rosalia Indah, PO Garuda Mas, PO Agra Mas, PO Gunung Harta, PO Murni Jaya, PO Lorena, PO Nusantara, PO Efisiensi, PO Laju Prima, dan PO Safari Dharma Raya.

Dari sekian banyak PO yang mengoperasikan bus tingkat, PO Rosalia Indah menjadi salah operator terbanyak yang memiliki armada bus double decker.

"Akhirnya kebanyakan PO beli double decker, termasuk sultan Palur, Rosalia Indah. Dia punya 21 unit bus tingkat, pakai bodi Adiputro dan Laksana, dan sasisnya juga pakai berbagai merek," kata Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, kepada detikOto.

sumber : oto.detik.com

Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment