dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

6 Mobil Terbaik Eropa Kontestan Euro 2020

 Hai sobat MAH Channel pecinta otomotif, Masih terkait ajang sepak bola Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 yang diikuti 11 negara, kali ini mah-channel.my.id Indonesia menghadirkan deretan mobil berikutnya secara tematik.

Ya, inilah enam mobil terbaik Eropa berdasarkan kontestan Euro 2020. Daftar ini diambil dari merek-merek finalis European Car of The Year 2021.

Tapi kami tidak memasukkan sang juara European Car of the Year 2021, Toyota Yaris, karena merupakan merek  Jepang. Meskipun untuk pasar Eropa, mobil ini dibuat di Prancis.

Yang menarik, merek dari dua negara raksasa sepak bola Eropa yang tergabung di “grup neraka” (Grup F) Euro 2020,  Jerman dan Prancis, termasuk dalam daftar ini.

Demikian pula merek-merek dari dua negara raksasa sepak bola lainnya, Inggris dan Republik Ceko, yang tergabung di Grup D dalam ajang yang digelar 11 Juni-11 Juli 2021 itu.

Apa saja deretan enam mobil terbaik Eropa jika dibuat berdasarkan tim kontestan Euro 2020 ini? Simak ulasan kami di bawah ini.

Dan, jangan terkejut jika merek-merek favorit seperti BMW dan Mercedes tidak masuk daftar, karena deretan finalis ini mutlak hasil pilihan 59 juri European Car of the Year 2021.

Kriteria yang dinilai para juri adalah desain, kenyamanan, keselamatan, ekonomi, handling, performa, fungsionalitas, persyaratan lingkungan, kepuasan pengemudi, dan harga.

6. Citroen C4

Nilai dari Juri: 143
Negara: Prancis (Grup F Euro 2020)

Ketika Citroen C4 2021 diperkenalkan tahun lalu, mobil ini datang dengan mesin bensin, diesel, dan listrik (EV).

Citroen C4 ini adalah model pertama dalam upaya elektrifikasi perusahaan, dan produk terbaru kelima yang diumumkan tahun 2020.

Pihak Citroen mengatakan, C4 baru ini akan menjadi "perwujudan lengkap" dari program Advanced Comfort (kenyamanan terbaik) perusahaan.

Artinya, mobil ini fokusnya pada penyediaan kenyamanan di dalam mobil bagi pelanggan.

Mengenai powertrain, tergantung variannya. Kapasitas mesin yang tersedia adalah 1,4 L, 1,6 L, dan 2,0 L untuk mesin bensin. Sedangkan untuk diesel 1,6 L dan 2,0 L.

Dengan transmisi 5 atau 6 percepatan untuk manual,  4 kecepatan untuk matic, atau 6 kecepatan untuk automated manual.  

Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 175 hp pada 7.000 rpm dan torsi 202 Newton meter pada 4.750 rpm (untuk model C4 2.0 16v VTS).

5. Land Rover Defender

Nilai dari Juri: 164
Negara: Inggris (Grup D Euro 2020)

Terdapat dua jenis bodi yang disematkan pada Land Rover Defender. Pertama Land Rover Defender 110 dengan empat pintu dan sasis panjang.

Satu lagi, Land Rover Defender 90 dengan dua pintu, jarak sumbu rodanya lebih pendek, dan lebih murah.

Land Rover Defender 90 2021 First Edition memakai mesin eksklusif P400. Ini mild-hybrid, turbocharged 3,0 liter straight-six.

Digunakan juga pada mobil lain di jajaran Jaguar Land Rover. Menghasilkan 395 tenaga kuda dan torsi 406 pon-kaki.

Dicocokkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan yang licin, bobot 4.830 pon Defender 90 P400 bukanlah masalah kecil.

Bermodalkan torsi low-end kuat, Land Rover Defender 90 2021 dapat melibas lintasan berat dengan mudahnya. Ini pula salah satu keuntungan dari jarak sumbu roda yang pendek.

Akselerasi pun lumayan. Untuk 0-96 km/jam tuntas dalam 5,7 detik. Tak masalah jika masih kalah daripada Jeep Wrangler 392. Soalnya, itu jadi tugas Defender V8.

Lagi-lagi, ini keuntungan mobil yang bodinya dibuat lebih pendek karena bobotnya pun jauh lebih ringan daripada Land Rover Defender 110.

Sementara, Land Rover Defender 110 merupakan kendaraan yang kokoh, terbukti mobil ini diberi bintang Lima dalam uji tabrak berdasarkan Euro NCAP pada akhir tahun lalu.

Dan jangan lupa, rekan-rekan kami dari Motor1.com Italia juga menggunakan Land Rover Defender sebagai kendaraan operasional mereka.

4. Skoda Octavia

Nilai dari Juri: 199
Negara: Republik Ceko (Grup D Euro 2020)

Skoda Octavia merupakan mobil kompak paling lega di kelasnya, dan liftback-nya mendapatkan treatment long wheel base (LWB).

Interior modern turut dijejalkan di Octavia generasi terbaru. Termasuk layar sentuh 12 inci dan layar driver digital 10,25 inci opsional.

Skoda juga menjual versi Pro di Cina dengan tampilan head-up yang ditawarkan dengan biaya tambahan.

Bersama dengan sistem bantuan dan keselamatan pengemudi terbaru yang sudah tersedia dalam model global.

Mengenai powertrainnya, di bawah kap mesin terdapat mesin bensin 1,4 liter turbocharged dengan 150 tenaga kuda (110 kilowatt).

Mesin ini akan menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis tujuh kecepatan dual clucth.

Belum lama ini Skoda Octavia juga mendapatkan trim Sportline yang tersedia dalam banyak powertrain. Dari bensin, diesel, gas alam, mild-hybrid, dan plug-in hybrid.

Tergantung kepada pilihan, mobil ini akan memiliki penggerak roda depan atau semua roda.

Serta, dengan transmisi manual enam percepatan atau otomatis kopling ganda tujuh percepatan.

3. Volkswagen ID.3

Nilai dari Juri: 224
Negara: Jerman (Grup F Euro 2020)

Pada 12 Februari 2021 lalu, Volkswagen secara resmi mengumumkan peluncuran versi baru dari hatchback listrik VW ID.3.

Menurut siaran pers mereka, serta daftar harga di Inggris, VW model ID.3 terbaru ini akan menurunkan harga entry-level mobil listrik, meskipun kisarannya tidak akan berubah.

VW ID.3 Pro baru akan memiliki tenaga kuda yang lebih sedikit daripada VW ID.3 Pro Performance, dan akselerasi waktu nol hingga 62 mil/jam (100 km/jam) yang lebih lambat.

Namun, Volkswagen membanggakan bahwa torsi VW ID.3 Pro Performance masih lebih baik daripada mesin bensin 148 bhp 1,5 TSI yang ada pada kendaraan seperti VW Golf.

VW ID.3 Pro sendiri memiliki fitur baterai 58 kWh (bersih). Tenaga listrik VW ID.3 Pro menghasilkan 143 bhp dan torsi 199 pound-feet (269 Nm).

Dari sisi akselerasi, mobil ini juga dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dalam 9,6 detik.

Sementara VW ID.3 Pro Performance memiliki peringkat torsi yang sama, tetapi menghasilkan 201 bhp dan dapat berlari hingga 62 mil/jam (100 km/jam) dalam 7,3 detik.

2. Cupra Formentor

Nilai dari Juri: 239
Negara: Spanyol (Grup E Euro 2020)

Cupra Formentor memilih menggunakan mesin 2,5 TSI dari Audi, dan menolak pendekatan serupa dari Volkswagen dengan Golf R lima silinder.

Produk terbaru dari pabrikan Spanyol ini adalah Cupra Formentor VZ5, sebuah crossover sporty, dan merupakan mobil jalan raya terkuat yang pernah mereka produksi.

Mesin inline-5 yang dipakai Cupra Formentor VZ5 ini biasanya digunakan Audi untuk berbagai mobil kompak berlencana RS, termasuk RS Q3 dan TT RS.

Dapur pacu anyar itu menghasilkan output 385 daya kuda (287 kilowatt) dan torsi 354 pound-feet (480 Newton-meter) pada Cupra Formentor VZ5.

Sebagai perbandingan, mesin tadi mencatat jumlah torsi yang sama pada RS Q3 dan versi Sportback-nya, namun tenaga sedikit lebih banyak di model Audi, yakni 394 daya kuda (294 kW).

Dan, layaknya crossover produksi Ingolstadt, Cupra Formentor VZ5 baru ini hadir standar dengan penggerak semua roda dan transmisi otomatis tujuh kecepatan dual clutch.

Model terbaik dari lineup Formentor ini mencapai akselerasi 0-62 mil/jam (100 kilometer/jam) dalam 4,2 detik. Atau, tiga persepuluh detik lebih cepat dibanding RS Q3.

Kedua mobil dibatasi secara elektronik pada kecepatan 155 mil/jam (250 km/jam). Daya kuda penuh tercapai pada 5.700 rpm, sedangkan torsi maksimal tersedia dari 2.250 rpm.

1. Fiat 500e

Nilai dari Juri: 240
Negara: Italia (Grup A Euro 2020)

Kini tibalah kita pada urutan teratas yakni mobil asal pabrikan Italia, Fiat 500e. Sebelumnya, Fiat 500 melakukan perubahan sesuai perkembangan zaman.

Mobil ini berevolusi dari hatchback kecil dan lambat (dan sedikit berisik) menjadi cruiser bertenaga listrik yang senyap dan cukup cepat untuk jalan raya.

Terlepas dari perubahannya, mobil ini tetap menjadi representasi sempurna dari dunia otomotif Italia.

Fiat 500 semakin mutakhir dan menjadi bukti masa depan dengan diperkenalkannya versi listrik pada Fiat 500e.

Bahkan, Fiat 500e mencetak angka penjualan terbaik selama kuartal pertama 2021. Pada periode Januari hingga akhir Maret, penjualan mobil ini mencapai 2.058 unit yang telah diregistrasi.

Bahkan, angka itu mengalahkan penjualan mobil listrik sekelas Tesla yang jauh lebih tenar.

Fiat 500 electric 100 persen dibuat di Italia. Seperti yang dinyatakan dalam siaran pers, mobil ini adalah generasi baru full elektrik pertama untuk Fiat.

Memiliki jangkauan 320 kilometer dalam versi baterai 42 kWh. Ada juga entry level dalam versi Action dengan jangkauan yang lebih pendek.

Baterainya diisi ulang dengan arus searah hingga daya 85 kW. Jadi, hanya butuh waktu lima menit untuk menempuh jarak 50 kilometer.

Lalu, dibutuhkan 35 menit untuk mencapai 80 persen pengisian. Ini jelas sangat efektif dan bisa menghemat waktu.

Fiat 500e terbaru memiliki tiga mode mengemudi. Mode Normal yang paling dekat dengan mobil bensin.

Mode Range dengan fungsi penggerak satu pedal, dan Mode Sherpa, yang meminimalkan konsumsi energi.

Mesin Fiat 500e memiliki daya 87 kW. Memungkinkan city car mungil ini mencapai kecepatan tertinggi 150 km/jam dan berlari dari 0-100 km/jam dalam sembilan detik.

Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment

close