dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

Harus Tahu! Fakta Daihatsu Rocky yang Belum Terpecahkan


Segera Dirilis



MAH Channel - Sejumlah sumber informasi menyampaikan. Daihatsu Rocky siap meluncur sekitar April 2021. Dan sempat menjadi pertanyaan banyak orang. Unitnya belum ada, namun sudah terdaftar sebagai penerima PPnBM. Sontak Astra Daihatsu Motor memberi penjelasan. Kedatangannya, dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.


Daihatsu Rocky


"Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini. Kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak. Karena model bakal diluncurkan pada periode program ini," terang Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resmi kepada OTO.com beberapa waktu lalu.



Nah, sebelumnya Astra Daihatsu Motor kerap menguji mesin turbo kecil di Indonesia melalui Thor. Dan itu disiapkan menyongsong segmen baru. "Karena tren ke depan kami melihat, terutama segmen millennial, turbo akan menjadi pilihan mereka. Daihatsu harus antisipatif. Kalau tren ini datang, mau tidak mau kami harus siapkan juga. Kalau sekarang kami melihat belum terlalu besar tapi sudah studi dari sekarang. Jadi ini bagian dari studi, dan menjadi normal karena R&D Indonesia, ADM, kerjanya seperti itu. Mempelajari apa yang menjadi kebutuhan untuk masyarakat Indonesia. Kalau pasarnya itu besar itu akan lebih menarik untuk kami masuk daripada pasarnya kecil," jelas Amel.


Model Pertama Pengguna CVT



Continuously Variable Transmission mejadi hal baru bagi Daihatsu Indonesia. Lini produk eksis di sini belum ada yang pakai jenis ini. Kecuali bila Rocky meluncur kelak. Nah, ia merupakan sistem penyaluran matik lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional. Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling. Penyaluran CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan model 4AT.


Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set. Maka jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley plus sabuk baja sebagai komponen utama penggerak. Kemajuan teknologi ini lebih baik dari sebelumnya.


Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi. Hingga memungkinkan akselerasi bertenaga nan mulus pada kecepatan rendah. Serta kinerja hemat bahan bakar, juga senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lain, sistem penyaluran tenaga ini dapat mentransfer energi kinetik dari mesin tambah effektif. Jadi, di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga cukup besar.


Lewat Dual Mode CVT, Daihatsu mengklaim, telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia. Yakni yang menggabungkan penggerak sabuk serta penggerak roda gigi. Tujuannya demi meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi kian baik, termasuk tambah hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons tangkas. Baik dari kecepatan rendah maupun tinggi.



Uji Tabrak Sempurna





Perusahaan sempat mengumumkan kalau Rocky mengantongi rating tertinggi bintang 5. Tepatnya dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) dari Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).


Evaluasi JNCAP ini dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang. Tiga aspek utama disorot meliputi: perlindungan terhadap penumpang, keamanan bagi pejalan kaki dan pengingat sabuk pengaman. Selain itu platform dipakai menggunakan teknologi keamanan terkini guna menghindari tubrukan. Seperti Smart Assist System, membuat Rocky meraih rating tertinggi. Jika fitur keamanan tak disunat bagi market sini, niscaya keunggulan itu tetap terjaga.

Related Posts
Annisa
Just a girl who likes to scribble on paper and dreams that her work can be read by many people.

Related Posts

Post a Comment