dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

5 Turnamen eSports dengan Hadiah Terbesar Di Dunia

Halo, Sobat MAH Channel! Apakah kamu penggemar eSports? Turnamen eSports semakin berkembang dari tahun ke tahun baik di ranah nasional maupun internasional. Total hadiah yang didapatkan dari turnamen tersebut juga tidak kalah dengan turnamen olahraga tradisional seperti basket dan badminton. Salah satu Faktor utama yang dapat mempengaruhi hadiah ini yaitu sistem crowdfunding. Dimana game developer menawarkan in-game item pada game tersebut yang dapat digunakan oleh pemain dan profit tersebut juga dapat digunakan untuk menambah hadiah turnamen. 

Nah, sekarang kamu pasti penasaran kan, eSports apa sih yang memiliki overall prizepool tertinggi? Pada kesempatan kali ini, MAH Channel akan membahas 5 game eSports dengan hadiah terbesar di dunia! Tanpa berlama-lama lagi, yuk! Kita simak artikel berikut!

1. Dota 2 

Dota 2 merupakan game Multiplayer Online Battle Arena atau yang biasa disebut MOBA, yang dirilis oleh Valve pada tahun 2013. Pada game ini, 2 tim akan bersaing untuk menghancurkan bangunan utama yang bernama ‘Ancient’. Game dari Valve ini merupakan salah satu Turnamen eSports terbesar di dunia dimana Valve membuat suatu liga pada Dota 2 yang bernama Dota Pro Circuit. Dalam liga ini para tim akan bersaing untuk berpartisipasi pada The International Tournament, yang merupakan turnamen Dota 2 terbesar di dunia yang diadakan oleh Valve setiap tahunnya.

The International memecahkan rekor hadiah terbesar pada eSport selama 9 tahun berturut-turut. Dari hadiah USD $1.6 Juta pada tahun 2011 dan 2012, hingga mencapai USD $34.3 Juta pada 2019. Hal ini menjadikan The International 9 merupakan turnamen eSport dengan hadiah terbesar sepanjang masa. Hal ini juga merupakan salah satu alasan utama kenapa Dota 2 dianggap menjadi eSport terbaik di dunia.

2. Fortnite 

(Sumber: epicgames.com)

Pada tahun 2017 sampai dengan 2018, Fortnite menjadi game yang paling populer di dunia sebagai game Battle Royale yang gratis. Hal ini membuat Epic Games selaku developer dari Fortnite, membuat seri turnamen pada 2018 yang bernama Summer and Fall Skirmish dengan total hadiah sebesar USD $2.6 Juta. Pada awal 2019, Fortnite juga mengumumkan World Cup dengan hadiah setotal USD $30.4 Juta, dimana akhirnya Kyle “Bugha” Giersdorf yang berumur 16 saat itu memenangkan USD $3 Juta di Solo Finals.

3. League of Legends

Turnamen esport
(Sumber: leagueoflegends.com)

Game dari Riot Games yang dirilis pada 2009 ini, menjadi game PC yang paling banyak dimainkan pada 2020 dan memiliki 100 Juta lebih pemain aktif. Mirip dengan Dota 2, League of Legends merupakan game MOBA dimana 5 pemain dibagi menjadi 2 tim harus menghancurkan bangunan utama yang bernama ‘Nexus’. Selain memiliki player base yang banyak, eSport dari League juga memiliki rata – rata penonton paling banyak di antara semua game yaitu 170 Ribu sampai dengan 250 Ribu pada 2019. Pada The 2019 League of Legends World Championship, FunPlus Phoenix memenangkan USD $834,375 setelah mengalahkan G2 Esports pada Grand Finals.

4. Hearthstone

Turnamen esport
(Sumber: playhearthstone.com)

Hearthstone adalah collectible card game gratis yang dirilis pada 2014 oleh Blizzard. Game ini terdiri dari 2 pemain yang memiliki 30 kartu dan seorang ‘Hero’. Tujuan dari Hearthstone adalah menghancurkan kartu pemain lain dan memenangkan Hero mereka. Game ini juga merupakan salah satu game yang paling populer di dunia dengan pemain yang mencapai 100 juta pada tahun 2018. Pada tahun 2014 dengan total hadiah sebanyak USD $250.000, kompetitif Hearthstone hanya diadakan pada Asia sampai Eropa tetapi dengan cepat berkembang secara internasional karena popularitasnya. Total hadiah eSport Hearthstone pada semua turnamen eSports dota 2 yang diadakan pada tahun 2020 mencapai USD $4 juta. Tetapi hanya memiliki satu turnamen mayor karena pandemi COVID-19.

5. Counter Strike: Global Offensive 

(Sumber: store.steampowered.com)

Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) adalah game first-person shooter yang dirilis pada 2012. CS:GO adalah game yang terdiri dari 5 pemain dibagi menjadi 2 tim yaitu tim Terrorists dan tim Counter-Terrorists. Game dari Valve ini memiliki fanbase yang sangat besar dimana CS:GO dapat mencapai 100k penonton pada pro league ataupun jutaan penonton jika Valve sendiri mengadakan turnamen Mayor. Menurut banyak penggemar eSports, walaupun Valve memberi fokus mereka kepada Dota 2, eSport CSGO masih jalan dan aktif karena memiliki banyak penggemar setia. Pada 2019, IEM Katowice Major uyang merupakan turnamen eSports CS:GO mengumpulkan 1.2 juta penonton dengan total hadiah sebesar USD $1 Juta.

Itulah 5 game eSports dengan hadiah terbesar di dunia. Nah, Sobat FILE! Bagi kamu yang memiliki game eSport favorit lainnya, kamu dapat membagikannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu, dan jangan lupa follow instagram MAH Channel, ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment

close