dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

5 Fakta Mengejutkan El Nath, Anti Pusat Bimasakti


Elnath disebut juga Al Nath dan Beta Tauri. Bintang ini terkenal karena posisinya yang berada di dekat anti pusat galaksi Bimasakti. Sebuah posisi yang menjadikannya istimewa dari bintang-bintang lain.


Yuk simak beberapa fakta tentang Elnath di bawah ini!



1. Berjarak selebar ibu jari dari Bumi



Seperti yang telah diketahui, Elnath ialah bintang yang paling dekat dengan anti pusat galaksi Bimasakti. Earth Sky melansir bahwa bintang ini terletak di tiga derajat ke arah barat dari anti pusat galaksi.


Jarak antara Elnath dengan anti pusat Bimasakti hanya selebar ibu jari jika dilihat dari Bumi. Namun sebenarnya, jarak asli kedua objek tersebut mencapai sekitar 130 tahun cahaya. Jauh atau dekat, nih? 


2. Lebih besar dari matahari



Elnath merupakan bintang tipe B7 III yang memancarkan cahaya putih dan biru. Berdasarkan data tersebut, bisa dipastikan jika Elnath memiliki suhu yang lebih panas dari Matahari.


Dilansir dari Star Facts, Elnath memiliki massa yang 4,5 kali lebih besar dari massa Matahari. Selain itu, sinar yang dipancarkan Elnath sama dengan 700 kali sinar Matahari.


Usia bintang ini diperkirakan mencapai angka 100 juta tahun. Para ilmuwan berspekulasi jika dalam beberapa juta tahun ke depan, Elnath akan terus mengembang menjadi bintang berwarna oranye yang super besar.



3. Disebut tanduk utara taurus



Taurus merupakan rasi kepala kerbau yang membentuk huruf V. Rasi ini memiliki satu bintang yang paling terang di langit malam, yakni Aldebaran.

Nah, tak jauh di sebelah kiri Aldebaran ada Elnath, si bintang paling terang kedua Taurus. Elnath menempati posisi paling utara Taurus, sehingga ia disebut-sebut sebagai tanduk utara Taurus.


4. Pernah jadi bagian rasi Auriga



Pada masa konstelasi klasik, Elnath sempat dimasukkan ke dalam rasi Auriga dengan sebutan 'Gamma Aurigae'. Spekulasi ini hadir karena posisi Elnath yang membingungkan, yakni di antara Auriga dan Taurus.


Dua astronom zaman klasik, yaitu Johann Bayer dan Ptolemy juga berspekulasi jika Elnath bisa masuk ke rasi Auriga ataupun Taurus. Hingga akhirnya di tahun 1930, perbatasan Auriga dan Taurus resmi ditetapkan. Hasil menunjukkan jika Elnath masuk ke dalam rasi Taurus, bukan Auriga.


5. Memiliki susunan kimia yang aneh



Susunan kimiawi Elnath dinyatakan aneh setelah diketahui adanya jumlah mangan yang sangat melimpah di dalamnya. Sedangkan, senyawa kalsium dan magnesium mengalami penurunan yang drastis.


Keanehan tersebut ternyata disebabkan oleh aktivitas serentak antara gravitasi dan radiasi. Ini akan menyebabkan beberapa elemen menurun dan yang lainnya meningkat.


Ditemukan pula susunan silikon dan kromium yang mencolok pada Elnath. Sehingga, ada seorang ilmuwan yang mengklasifikasikan Elnath sebagai bintang SrCrEu atau bintang Ap, tipe bintang yang menunjukkan kelebihan sejumlah logam.


Fakta seputar bintang Elnath, si penunjuk arah anti pusat Bimasakti di rasi Taurus. Apakah kamu adalah salah satu yang pernah melihat Elnath?

Related Posts
Annisa
Just a girl who likes to scribble on paper and dreams that her work can be read by many people.

Related Posts

Post a Comment

close