dZTe9kigiJcuBouRetAHRDdwcRAmBAIwhhaOHbbX

DAFTAR MOBIL JDM YANG PALING TERKENAL DAN IKONIK

sahabat MAH Channel mungkin ada yang memang sangat gandrung dengan mobil-mobil JDM. Enggak aneh, JDM memang sudah diakui di dunia. Bahkan di ruang lingkup modifikasi dan mobil sport, JDM sudah selayaknya kultur otomotif asal Jepang.

Berikut ini adalah daftar mobil JDM paling ikonik di muka bumi.

Datsun 240Z

Kelahiran produk mobil keluaran Nissan ini dahulu untuk menjadi salah satu pesaing dari produk tetangga, Toyota. Di Amerika dan di benua lain, hingga kini mobil sport Nissan-Datsun ini masih diminati kalangan penggemar JDM. Dengan berbekal mesin bensin 2.400 cc, 6 silinder segaris. Berkat mesin tersebut Datsun 240Z mampu hasilkan daya sebesar 151 hp dan mengirimkannya ke roda belakang.

Mazda MX-5 Miata

Kalau bicara JDM pasti nggak jauh sama Mazda. Mazda yang sporty otomatis pasti terarah ke MX-5 Miata. Sedan coupe bertubuh kompak ini terhitung terjangkau di masanya. Menariknya, mobil ini memang dilahirkan untuk yang kepincut mobil sport tapi punya dana terbatas.

Mazda MX-5 Miata debut pada 1989 yang juga disebut sebagai penerus spiritual untuk mobil sport Inggris dan Italia tahun 50-an dan 60-an. MX-5 Miata dibangun dalam nada yang sama dengan Lotus Elan, ringan dan kompak. Konon sampai produksi terakhir Miata MX-5 telah terjual di pasaran lebih dari sejuta unit seumur hidupnya. MX-5 Miata masih merupakan salah satu mobil pembalap terbaik di dunia - penghargaan abadi bagi pembuat otomotif dan ikon Jepang sejati.

Toyota Corolla AE86

Merek Toyota sebagai raksasa otomotif pasti meninggalkan model JDM legendaris juga. Bukan hanya satu tetapi ada dua, bahkan lebih yang memiliki kepopulerannya di dunia. Di tempat ke-8 dalam daftar ada Corolla AE-86, sedan coupe yang dimunculkan dalam film Initial D (2005) ini memperlihatkan kemampuannya dalam atraksi nge-drift. Selama bertahun-tahun Corolla telah menjadi segalanya bagi semua orang, mulai dari pembalap yang andal hingga ikon performa yang merupakan ketenaran dari AE86 berkat Initial D.

Honda Acura NSX

Supercar Jepang muncul pada 1990 ketika Honda merilis NSX. Dengan aerodinamika dan desain kokpit yang dipengaruhi oleh jet tempur F-16 hasil masukan dari juara dunia Formula 1, Ayrton Senna, supercar bertubuh aluminium semuanya ini pun menjadi legenda dunia otomotif, terutama JDM. NSX ditenagai oleh mesin V6, 3.000 cc aluminium VTEC yang mengembangkan tenaga sebesar 270 hp. Mesin ini kemudian menjadi terkenal karena membunuh elit supercar Italia. Lebih dari itu, mobil ini sangat proper digunakan sehari-hari. Ini Artinya, NSX telah menjadi supercar sehari-hari jauh sebelum Audi R8 atau Porsche 911 eksis.

Toyota Supra

Selanjutnya adalah Toyota Supra. Supra adalah salah satu ekspor terbesar Jepang sekaligus ikon performa bukan saja untuk Toyota tapi juga global. Supra pun memiliki populasi penggemar di berbagai penjuru dunia. Toyota Supra berevolusi menjadi papan nama mandiri yang akan mendominasi arena mobil sport JDM. Hingga 2019 ini, Supra telah menginjak generasi ke lima. Generasi baru Supra debut di Detroit Auto Show 2019 Januari kemarin.

Mazda RX-7

Di samping MX-5, dalam kumpulan katalog JDM terpopuler ini juga singgah model RX-7 yang juga tak lekang di makan zaman. Meskipun RX-8 adalah yang terbaru dalam garis panjang model RX sejak 1968, itu adalah generasi FD Mazda RX-7 yang mengokohkan mesin rotari di hati dan pikiran para penggemar otomotif. Motor twin-rotor 13b dilengkapi dengan sistem twin-turbocharger sekuensial diproduksi secara massal pertama yang diekspor dari Jepang. Mesin yang dibenamkannya itu memberikan torsi putaran tinggi yang diperlukan untuk memberikan kinerja supercar mobil sport yang ringan.

Nissan Skyline GT-R

Selain 240Z, di daftar juga hadir model GT-R, sportcar coupe yang fenomenal dengan julukan Godzilla ini berorientasi pada performa akselerasi. Mobil untuk jalanan umum dan arena sirkuit terbentuk menjadi identitas mobil performa kencang asal Jepang. Dihidupkan kembali pada tahun 1989, R3 GT-R menandai perkenalan mesin bi-turbo inline-6 dengan sistem penggerak semua roda (all whell drive).

Subaru Impreza

Subaru Impreza WRX STI terlahir untuk mendominasi kejuaraan reli dunia. Subaru Impreza WRX dominan sebagai evolusi dari mobil Impreza yang cukup sederhana. Tapi capaian sempurna disebut mencapai puncak saat Subaru Technica International (STI) membumbui model tersebut dengan mengubah sumbu guna hasilkan performa yang lebih besar, handling yang lebih baik, dan dominasi di jalan dan sirkuit reli. Disebutkan dari berbagai sumber, tipe WRX STI sebagai pelopor awal sistem turbocharging untuk mobil jalan, plus system penggerak empat roda (all wheel drive) dan beberapa penguncian diferensial yang memungkinkan performa tingkat tinggi di semua medan jalan serta di ketinggian apa pun.

Mitsubishi Lancer

Mitsubishi juga tidak ketinggalan pamor lantaran memiliki Lancer yang juga punya kalangan fanatik. Lancer menawarkan styling eksterior yang simpel, mewah tapi tidak kehilangan unsur sporty menjadikan sedan empat pintu ini sebagai mobil koleksi idaman. Sejatinya, produsen Mitsubishi menciptakan Lancer guna menjawab persaingan di kelas sedan penumpang yang dapat teruji di kancah reli dunia. Iterasi terakhir Evolution, Evo X, tetap diproduksi selama 10 tahun sebelum Mitsubishi akhirnya menghentikan produksinya karena pihak pabrikan mengklaim akan lebih fokus mengembangkan SUV.

Toyota 2000 GT

Sepanjang sejarah telah ada banyak mobil sport ikonik yang bermunculan dari Jepang. Salah satunya adalah Toyota 2000GT yang disebut paling menonjol sebagai salah satu yang paling awal dan paling ikonik di kalangan mobil JDM. Bukan hanya karena ditampilkan dalam film 007 sebagai kendaraan convertible, tetapi mobil yang punya styling mirip Jaguar E-Type ini memastikan bahwa mobil sport Jepang ini jadi yang paling indah yang pernah dibuat.

Related Posts
Muhammad Alfian Hazmi
"Waktumu terbatas, jangan habiskan untuk hidup orang lain."

Related Posts

Post a Comment

close